Kurban Adalah Tradisi Sejak Kecil Menurut Keluarga Anang Hermansyah

Kurban Adalah Tradisi Sejak Kecil Menurut Keluarga Anang Hermansyah

Pada Idul Adha tahun 2018 keluarga Anang Hermansyah mengurbankan 5 ekor sapi jenis limosin. Diketahui bahwa kelima sapi jenis limosin berwarna cokelat itu masing-masing berbobot 430-450 kilogram (Kg) per ekor, sehingga berat totalnya kurang lebih 2 kuintal.

Dan Sapi yang dikurbankan itu, Anang sendiri mengaku turun tangan langsung pada pemilihan hewan kurban. Dia memilih sapi jenis limosin karena kualitas dagingnya yang baik.

“Iya (turun tangan langsung). Sapi limosin karena sapinya gede, terus dagingnya lebih padet,” ucap Anang Hermansyah, di kediamannya di kawasan villa cinere mas, Tangerang Selatan, Rabu (22/8).

Diakui Anang, rutinitas berkurban telah dilakoninya sejak kecil dan itu merupakan Tradisi dari keluarga Anang Hermansyah. Suami Ashanty itu bahkan mengirimkan beberapa kambing untuk dikurbankan di kampung halamannya di Jember, Jawa Timur.

“Nggak (ada tradisi khusus) dari kecil saya udah jalanin tradisi kurban. Di Jember, ada beberapa kambing, yang penting kita niatannya menjalankan syariat agama,” lanjut Anang.

Nantinya, hewan-hewan kurban itu akan didistribusikan ke karyawan Anang-Ashanty dan tetangga sekitar rumah. Bagi Anang, makna Idul Adha adalah keikhlasan berbagi seperti yang diajarkan nabi Ibrahim AS.

“Yang utama, pasti menjalankan yang diperintahkan agama. Yang kedua, ya ini berbagi,” pungkas Anang yang dibenarkan oleh Ashanty.

Saat itu, Ashanty pun memasang wajah ngeri sambil menyemangati Azriel. Sedangkan, Arsy yang masih berumur tiga tahun sontak menangis histeris.

“Kenapa sih sapiku dipotong?” kata Arsy sambil menangis tersedu melihat sang kakak menyembelih kurban.

Sementara itu, usai menyembelih kurban, Azriel mengaku sempat gugup. Pasalnya, dia disuruh oleh sang ayah, Anang Hermansyah secara mendadak.

“Rasanya tegang. Mau dilepas (goloknya) kan nggak boleh dilepas. Dadakan banget soalnya, nggak ada rencana,” ungkap Azriel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *