Mengenai Hak Asuh Anak Nina Tamam, Biar Pengadilan Yang Memutuskan

Mengenai Hak Asuh Anak Nina Tamam, Biar Pengadilan Yang Memutuskan

Mengenai Hak Asuh Anak Nina Tamam, Biar Pengadilan Yang Memutuskan

Kabar sebelumnya Nina Tamam dan Erikar Lebang sudah datang ke pengadilan untuk menjalani mediasi di awal Persidangan dimana sidah kelima akan dilaksanakan pada 30 Agustus 2018.

Kuasa hukum Nina Tamam, Asgar Sjarfi, mengatakan bahwa hak asuh anak diberikan ke suami. Akan tetapi, di Pengadilan Agama Jakarta Selatan diketahui Nina juga menggugat hak asuh anak.

Asgar Jarfi menuturkan dalam mediasi sudah disepakati hak asuh anak diberikan ke suami Nina Tamam, Erikar Lebang. Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Jarkasih, mengatakan soal anak akan diperiksa.

“Prinsipnya kan kalau ini best interest of child tetapi tetap tergantung pada ketentuan hukum kalau di atas 12 tahun itu secara juridis formal silahkan memilih, kalau 12 tahun ke bawah itu hak ibunya yang lebih dominan itu yang dijelaskan oleh undang-undang,” jelas Jarkasih di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

“Kalau di atas 12 tahun kita panggil ke pengadilan untuk didengar silahkan mau ke mana, nah itu dilihat bagaimana keinginan anak itu,” lanjutnya.

Baca juga: Nina Tamam Memilih Pisah Rumah Setelah Menggugat Cerai Erikar

Dari pernyataan itu majelis hakim juga akan melihat hal-hal apa saja yang dapat memberikan suasana terbaik untuk anak. Nantinya untuk hak asuh anak Nina Tamam dan Erika Lebang yaitu Shaquille Skylar Kama biar pengadilan yang akan memutuskan.

“Iya pengadilan yang menentukan, tapi kalau di bawah 10 tahun selama tidak ada faktor yang bisa menggeser hak seorang ibu maka itu secara juridis formal diberikan pada ibunya. Kecuali ada hal yang secara psikologi anak akan dikhawatirikan apabila ibunya tidak baik, tidak sayang sama dia, itu bisa menjadi faktor dialihkan apada ayahnya,” jabar Jarkasih.

Diketahui dari 16 tahun pernikahannya, Nina Tamam dan Erikar Lebang baru dikaruniai seorang anak. Anak tersebut masih balita dan diberi nama Shaquille Skylar Kama.